pengunjung

pengunjung

Senin, 21 Januari 2019

Tari Khas Jawa Tengah

Seni Tari Indonesia Khas Jawa Tengah


Indonesia memiliki seni tari indonesia khas jawa tengah yang merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, kebudayaan, suku, adat istiadat dan berbagai kepercayaannya. Berbagai kesenian tradisionalnya yang sangat unik dan eksotis tentunya sangat menarik dan wajib diketahui oleh masyarakat Indonesia sendiri maka dari itu semua kesenian-kesenian yang ada diperkenalkan dan ditanamkan melalui pelajaran-pelajaran di sekolah sehingga anak-anak tetap mengenal dan mengetahui kesenian budayannya sendiri dan tidak akan meninggalkannya.
Meskipun sekarang ini masih jarang sekali masyarakat yang memahami mengenai seni tari Indonesia yang sangat beragam. Paling tidak seharusnya masyarakat bisa memahami seni-seni daerahnya sendiri seperti msyarakat Jawa tentunya akan lebih baik jika dapat memahami dan mengetahui berbagai jenis seni tari khas jawa yang sangat unik.
Sekarang ini memang sudah banyak kesenian yang ditinggalkan karena tergerus dengan kesenian-kesenian modern yang dianggap lebih kekinian dan tidak kuno. Padahal, seni tari atau kesenian tradisional yang lain juga tidak kalah menariknya dengan kesenian atau tarian modern sekarang ini.
Terlebih lagi anak muda zaman sekarang sudah terkontaminasi dengan tari-tarian luar negeri atau misalnya dance korea yang memang sangat populer dikalangan anak muda zaman sekarang.
Sebenarnya kesenian Insonesia itu sangat beragam sekali, yang sangat menarik tentunya kesenian tari tradisional Indonesia yang sangat banyak. Di Jawa tengah saja memiliki kesenian tari tradisional yang jumlahnya sangat beragam.
Memang di jawa tengah masih banyak tempat-tempat sanggar tari yang dibuat dengan harapan dapat tetap lestarinya dan ada generasi yang mewarisi kesenian tari tradisional.
Berbagai seni tari khas jawa tengah bisa dipelajari dan juga banyak untuk anak-anak SD dilatih tari untuk pentas seni atau acara-acara perpisahan dan biasanya disekolah-sekolah SD, SMP maupun juga SMA ada ekstrakulikuler tari yang bisa diikuti oleh para siswanya. Tentu hal itu sangat bagus untuk menanamkan kesenian tradisional milik sendiri dan supaya tetap ada generasi uda yang mewarisinya.
Tetapi biasanya untuk ekstrakulikuler ini masih sedikit sekali peminatnya, karena zaman sekarang lebih banyak anak yang memiliki pola piker modern sehingga apapun itu yang dilakukan juga harus berbau modern.
Berbagai seni tari khas jawa tengah tentunya bisa dipelajari oleh siapapun dan malah terkadang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan macanegara. Berikut ini merupakan contoh-contoh seni tari khas Jawa tengah:

 

Tari Ronggeng


tari ronggeng ini merupakan tarian jawa yang juga sangat populer dengan penarinya yang juga identik dengan saweran. Tetapi biasanya ada yang beranggapan negatif dengan tarian ini dimana gerakan tarian penarinya yang menggoda para lelaki agar disawer dengan uang. Tetapi kembali lagi hal ini hanyalah anggapan masyarakat yang sebenarnya tari ini hanya menyajikan suatu kesenian tradisional jawa

Tari Serimpi

tari yang tak kalah populer selanjutnya adalah tari serimpi. Tari ini berasal dari Yogyakarta dan berhubungan erat dengan kerajaan dimana tari ini juga berbau dengan mistis tetapi terlepas dengan semua itu tari ini tentu menggambarkan wanita dengan kelembutannya. Kostum yang digunakan merupakan kostum yang sangat mencerminkan dan khas jawa sekali seperti putri kerajaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RAJA AMPAT

                                         KEINDAHANPULAU  RAJA AMAPAT Raja Ampat adalah kepulauan kecil di Papua Barat. Punya banyak gugusan...